Tuesday, January 1, 2013

Modul Powerpoint


Microsoft power point adalah aplikasi yang memungkinkan merancang dan membuat presentasi secara mudah, cepat, dan dengan tampilan yang menarik dan professional.








A. Mengatur Tampilan Slide
1. Membuat stau slide kosong.
2. Memilih layout yang ingin dipakai


3. Klik Tab Design à pilih tema yang diinginkan dalam group THEMES.


4. Jika ingin memperindah teks dapat menggunakan WordArt. Caranya klik teks yang akan diperindah à WordArt à Tab Format à WordArt style.
5. Jika ingin member latar belakang objek teks dapat menggunakan Shape.

6. Efek lain seperti efek bayangan (shadow), efek cahaya (glow), efek pantulan (reflection) dan efek 3-D pada pilihan Teks Effects dan Shape Effects.
7. Efek badan teks dan Outline dapat menggunakan Text Fill dan TextOutline.
8. Untuk shape dapat menggunakan Shape Fill dan Shape Outline.
B. Memasukkan Tabel dan Gambar
1. Menyisipkan Tabel
Pilih Tab Insert à Klik Table à Akan ada menu dropdown, terdiri dari : Insert Table > dipakai dengan cara memasukkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan, Draw Table > dipakai untuk menggambar sendiri table, Excel Spreadsheet > menampilkan halaman kerja Excel di slide presentasi dengan kemudahan seperti menggunakan Ms. Excel.

  
2. Menyisipkan Gambar
Pilih Tab Insert à Klik Picture à Pilih gambar yang diinginkan à Klik Insert à Tab Format untuk mengedit objek tampilan objek tertentu.

C. Membuat Photo Album
Pilih Tab Insert à Pilih icon Photo Album à Update setelah selesai memilih foto.

D. Efek Transisi Slide
Membuat efek visual yang menarik saat presentasi. Caranya:




E. Menggunakan Efek Animasi, Sound, Video, dan Membuat Link

1. Pemberian Efek Animasi:
Klik objek yang ingin diberi animasi à Klik tombol Add Effect dan akan muncul menu dropdown à Pilih efek animasi, yaitu : Entrance > efek objek memasuki slide (awalnya belum ada dalam slide), Emphasis > efek aksi objek saat sudah ada dalam slide, Exit > efek objek keluar slide, Motion Paths > menentukan sendiri bagaimana efek atau aksi suatu objek.
Ø  Klik Remove untuk menghapus efek animasi yang telah dipilih.
Ø  Klik Play untuk memutar efek yang tlah diberikan.
Ø  Klik Slide Show untuk menjalankan presentasi.
Ø  Klik Modify untuk mengatur aksi apa yang akan menandakan dijalannya animasi (start), direction untuk mengatur animasi dimulai secara horizontal atau vertical, Speed untuk mengatur kecepatan animasi.
2. Menyisipkan Video dan Sound
Klik Tab Insert à di Group Media pilih jenis file yang ingin  disisipkan à untuk file sound akan muncul icon 19.JPG
3. Membuat Link
Klik Tab Insert à di Group Links ada Hyperlink dan Action à Pilih Hyperlink untuk menghubungkan objek yang dipilih ke halamn web, dokumen, e-mail, atau program à Pilih Action untuk membuat objek yang dipilih memiliki aksi tertentu saat di klik atau melewatkan krusor mouse ke objek tersebut.

No comments:

Post a Comment